Sabtu, 07 September 2013

Menulis adalah Olahraga Otak

 obat pelangsing tubuh yang aman

Saya sering mendapatkan pertanyaan dari teman-teman guru bagaimana caranya agar dapat menulis. Sereka merasa kesulitan sekali dalam membuat tulisan. Mereka mengatakan betapa sulitnya menulis. Terutama menulis sebuah karya tulis ilmiah yang diperuntukkan kenaikan pangkat mereka. Otak mereka serasa beku, dan sulit sekali mengeluarkan ide tulisan dalam bentuk karya tulis. Pertanyaan itu hadir di sela-sela rapat pengurus ikatan guru Indonesia (IGI) wilayah Bekasi.

Menulis adalah olahraga otak. Oleh karena itu menulis tidak akan terlepas dari aktivitas membaca. Tak ada penulis yang mampu menulis tanpa proses membaca. Sayangnya, tak semua orang senang melakukan aktivitas membaca sehingga menulis menjadi sesuatu yang sangat menyulitkan, dan menakutkan.
Ketika menulis itu dianggap sulit, maka kesulitanlah yang akan didapatkan. Namun ketika menulis itu bukan merupakan sebuah beban, maka akan terasa mudah kita menulis. Sebab menulis itu pada dasarnya mudah. Kita dapat menuliskan apa saja yang dipikirkan, lalu menuangkannya dalam bentuk tulisan agar dengan mudah dipahami oleh orang lain.

Ketika menulis itu dianggap sulit, maka anda tak akan mudah merangkai kata, karena anda telah merasa putus asa. Anda telah memvonis diri anda sendiri tak mampu menulis. Akhirnya anda tak melakukan apa-apa. Anda hanya diam termenung dan tak satu pun kalimat tertulis dengan penuh makna. Hernowo Hasim mengatakannya Mengikat Makna.
Title: Menulis adalah Olahraga Otak; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar